Ditemukan, Planet Super Besar di Tata Surya Terluar

saat saya mencari pengetahuan baru tentang tata surya, saya tidak sengaja menemukan ini di viva news, jadi saya posting aja ke blog saya, biar jadi pembelajaran bagi sahabat sahabat yang lain, langsung saja di baca, ini saya lansir dari viva news.

Peneliti menemukan adanya planet kerdil yang berada di luar dekat batas tata surya. Planet ini diperkirakan berukuran besar dan berada pada orbit yang kaya komet, Kuiper Belt pada area yang disebut awan Oort.

Melansir Daily Mail, planet kerdil yang dinamakan 2012 VP113 merupakan planet kerdil terjauh yang ditemukan mengorbit Matahari. Menilik dari ukurannya yang diihat dari pengamatan di Bumi, 2012 VP113 diperkirakan sepuluh kali lebih besar dari Bumi. 

Untuk diketahui penamaan planet kerdil atau dikenal planet katai disematkan pada benda angkasa berukuran cukup besar sehingga berbentuk seperti bola, mengorbit matahari, namun bukan merupakan satelit.

Planet kerdil berbeda dengan benda angkasa yang dinamakan planet. Planet harus memiliki tiga syarat yaitu mengorbit matahari, berukuran besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat dan memiliki jalur orbit yang bersih atau tak ada benda langit lain di orbit tersebut.

Planet kerdil 2012 VP113 pertama kali diamati pada November 2012, dan baru diumumkan baru-baru ini. Planet ini merupakan planet kerdil yang terjauh yang ditemukan mengorbit Matahari. 

Sebenarnya, planet kerdil 2012 VP113 yang berukuran sekitar setengah diamater planet kerdil Sedna, ditemukan satu dekade yang lalu. Dan letak planet ini 80 kali lebih jauh dari Matahari dibanding ke Bumi. 

Baik 2012 VP113 dan Sedna mengorbit pada jalur yang sama. Untuk itulah keduanya tak memenuhi syarat ketiga dari definisi planet. 

Lantaran ukuran kedua planet yang tergolong besar, 10 kali ukuran bumi, keduanya disebut sebagai Super Bumi. Keduanya diyakini berada di antara ribuan objek yang membentuk awan Oort, yang mengorbit sama ke Matahari. 

"Ini adalah hasil luar biasa yang mengubah pemahaman kita tentang tata surya," ujar Dr Linda Elkins-Tanton, ilmuwan dari Carnegie Institution, Amerika Serikat.

semoga ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang ingin tau tentang informasi mengenai tata surya. sekali lagi, informasi ini saya ambil dari viva news.
semoga bermanfaat !!!!

Ditulis Oleh : Anonymous ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ditemukan, Planet Super Besar di Tata Surya Terluar yang ditulis oleh sahabat kelor yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sahabat kelor

1 comments:

Back to top