Efek Yang Bisa Saja Hadir Setelah Menonton Anime

Menonton anime adalah aktivitas yang menghibur dan bisa menghilangkan rasa penat. Bagi kebanyakan orang, menonton anime dapat menimbulkan efek atau kebiasaan tertentu. Ada yang positif, ada pula yang berimbas negatif.



Berikut adalah efek yang umum terjadi setelah menonton anime.


Meniru Gerakan Yang Menyerupai Tokoh Aime


Seorang fans anime akan suka meniru gerakan atau perkataan tokoh anime yang dianggapnya unik atau lucu. Misalnya ketika seorang anak yang sedang berkelahi dengan temannya dan memulainya dengan menggerakan kedua tangannya seperti ninja. Atau menari balet dan berputar-putar seperti okama. Ataupun menunjukan raut wajah super ekspresif yang biasa menggambarkan ekspresi karakter anime. Sekilas hal-hal seperti itu terlihat konyol dan absurd. Tetapi melakukan hal seperti itu memang menyenangkan.


Meniru gaya bicara tokoh anime


      Seorang fans anime juka suka meniru gaya bicara tokoh anime yang memiliki gaya bicara unik, aksen yang lucu, dan menambahkan kata imbuhan di setiap akhir perkataannya. Ambil contoh karakter Nyanta dari anime Log Horizon yang suka menambahkan “nyan~” di akhir kalimat. Dalam suatu kondisi, hal ini akan membuat kita terlihat lebih imut dan menggemaskan seperti anak kucing tetapi lain cerita jika kata itu keluar dari seseorang yang berbadan kekar, maskulin, dan berbulu dada lebat.

Ketertarikan menggambar karakter anime


     Bagi yang suka menggambar, menonton anime merupakan perpaduan hobi yang bagus. Para pecinta anime yang gemar menggambar senang menuangkan imajinasinya dengan menggambar karakter anime favoritnya atau menggambar karakter anime favoritnya. Bagi yang mendalami hobi ini biasanya memiliki keinginan untuk membuat manganya sendiri.

Ketertarikan Terhadap Bahasa dan Budaya Jepang


     Setelah menikmati beberapa seri anime dan terbiasa dengan bahasa jepang, penikmat anime biasanya akan tertarik dengan bahasa dan kebudayaan jepang. Mereka akan mulai penasaran dengan apa arti kata kimochi, yamete kudasai, oishi, dan itai. Errr..mungkin tontonan mereka harus sedikit diluruskan. Dan mereka juga akan tertarik dengan kebudayaan jepang yang digambarkan pada anime yang ditonton mereka.


Kurang tidur


     Ini adalah salah satu efek buruk dari menonton anime. Terlalu banyak daftar anime yang kita tonton dan kecintaan kita terhadap anime membuat seolah-olah menonton anime merupakan suatu kewajiban. Kita akan melupakan kalau tidur malam lebih penting daripada menonton anime. Hasilnya waktu tidur kita berkurang karena dihabiskan oleh menonton anime. Kebiasaan ini juga akan mengganggu kesehatan kita.


Anti Sosial


     Ini juga merupakan salah satu efek negatif dari menonton anime. Terlalu banyak menghabiskan waktu mengurung diri di kamar untuk menonton anime seperti yang biasa para otaku lakukan dapat mengganggu cara komunikasi kita dengan orang lain dan membuat kita menjadi anti sosial. Untuk menyiasatinya, sering-seringlah menonton anime bersama dengan teman-teman. Bergabunglah dengan komunitas pecinta anime yang ada di sekitar kita. Dengan begitu kita tidak akan menjadi makhluk ansos.


Obesitas / Badan kurus


     Ini termasuk ke dalam efek buruk karena terlalu banyak menonton anime dan efek ini seperti pedang bermata dua. Kamu akan gemuk jika menonton anime sambil ngemil! Dan kamu akan kurus kurang gizi karena terlalu asyik menonton anime sehingga lupa makan. Therefore, please eat properly dan regularly.

Hobi mengoleksi action figures


      Ketertarikan akan tokoh anime membuat pecinta anime tidak puas hanya melihatnya dalam layar monitor saja. Mereka berpotensi untuk mengoleksi replika dari tokoh anime yang biasa disebut action figure. Action figure sudah banyak dipasarkan di Indonesia dan biasanya mampu merogoh kocek cukup dalam. Beberapa pelajar atau mahasiswa bahkan rela mengirit uang jajan mereka untuk membeli sebuah action figure. Yah, itu sah-sah saja dilakukan asal jangan mencuri atau merugikan orang lain.


Memotivasi diri sendiri


      Sebagian besar anime selalu memberikan pesan moral di dalam ceritanya. Memang sudah kebiasaan orang-orang jepang untuk memotivasi orang lain dalam menjalani hidup. Dan kebiasaan itu pun juga tertuang di dalam anime. Pesan dan makna dari sebuah cerita anime bisa membantu penontonnya supaya lebih bersemangat dan berjuang lebih keras, Ganbatte!!… Sayangnya di Indonesia semangat ini terdapat dalam iklan minuman teh dalam botol


Sebenarnya tidak akan ada efek negative yang timbul jika kita menonton anime, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan dan kita sudah cukup aware untuk memilah-milah apa yang dapat kita ambil setelah menonton suatu anime.


Ditulis Oleh : Alwany mufid ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Efek Yang Bisa Saja Hadir Setelah Menonton Anime yang ditulis oleh sahabat kelor yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sahabat kelor

0 comments:

Post a Comment

Back to top