Ukraina Gunakan Bom Kluster Untuk Kawasan Padat Penduduk

info dari viva news monggo di simak

Berbagai bukti dan hasil wawancara dengan korban serta saksi mata mengungkap penggunaan bom kluster oleh militer Ukraina dalam menghadapi milisi di kota Donetsk. Demikian disebut dalam laporan organisasi Pengawas Hak Asasi Manusia (HRW), Senin 20 Oktober 2014.


Dikutip oleh The New York Times, peneliti senior HRW Mark Hiznay menilai, sangat jelas bahwa bom kluster yang dilarang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah digunakan militer Ukraina di kawasan padat penduduk. Terutama dalam serangan pada 2 dan 5 Oktober lalu di kota Donetsk.

Temuan HRW semakin menambah kredibilitas penjelasan konflik Ukraina yang telah dipaparkan oleh Moskow, bahwa pemerintah Ukraina melakukan kejahatan perang terhadap warga negaranya sendiri.

Selama ini pemerintahan baru Ukraina selalu berusaha menuding Rusia di balik gerakan pemberontakan, paska dikudetanya Presiden Viktor Yanukovich yang pro-Rusia, akhir Februari lalu. Militer Ukraina dalam pernyataan resmi membantah bahwa pihaknya menggunakan senjata kluster.

HRW mengatakan bahwa senjata kluster digunakan untuk menyerang kawasan padat penduduk sedikitnya 12 kali dan mungkin lebih banyak lagi. Bom cluster dilepaskan dengan roket yang membawa puluhan submunisi, terlihat seperti kaleng logam bersirip.

Roket akan melepaskan submunisi ke area yang luas, yang kemudian meledak dan melepaskan serpihan baja. Saat ini, Ukraina memang tidak berpartisipasi dalam konvensi internasional yang melarang penggunaan bom kluster.

Sebelumnya dalam investigasi yang dilakukan Reuters, ditemukan sejumlah kejanggalan dalam penanganan kasus pembantaian Maidan di mana sedikitnya 100 orang pemrotes tewas ditembak. Tragedi yang terjadi pada 20 Februari itu berbuntut pada digulingkannya Yanukovich.

Hasil investigasi mengungkap kemungkinan bahwa kubu oposisi yang kini membentuk pemerintahan baru Ukraina, berada di balik pembantaian para pemrotes untuk menambah tekanan pada Yanukovich. (ita)

Ditulis Oleh : Anonymous ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ukraina Gunakan Bom Kluster Untuk Kawasan Padat Penduduk yang ditulis oleh sahabat kelor yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sahabat kelor

0 comments:

Post a Comment

Back to top